Selasa, 12 Mei 2009

P3M STAIN PURWOKERTO ADAKAN PEMBEKALAN PAR

Selama beberapa hari ke depan dibulan Mei yang dimulai pada tanggal 11 Mei 2009 ini, Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) STAIN Purwokerto mengadakan pembekalan PAR yang diikuti oleh sebagian besar mahasiswa STAIN Purwokerto yang akan mengadakan KKN. Tujuan dari pembekalan ini adalah guna memberikan ilmu-ilmu dan pengalaman-pengalaman yang nantinya bisa diterapkan dalam pelaksanaan KKN, dimana mahasiswa akan terjun langsung menerapkan ilmu dan materi kuliah yang telah didapatkan selama perkuliahan.
Apa itu PAR?
Tidak ada definisi baku tentang apa sebenarnya PAR (Participatory Action Research) itu. Namun ada beberapa inti yang bisa dikenali dari beberapa teori dan praktik PAR, diantaranya :
1. Sebuah gerakan dengan semangat pembebasan masyarakat dari belenggu ideologi dan relasi kekuasaan yang menghambat manusia mencapai perkembangan harkat dan martabat kemanusiaannya;

2. Sebuah proses dimana kelompok sosial kelas bawah mengontrol ilmu pengetahuan dan membangun kekuatan politik melalui pendidikan orang dewasa, penelitian kritis dan tindakan sosial-politik;
3. Proses masyarakat membangun kesadaran diri melalui dialog dan refleksi kritis
4. Orientasi komunitas lebih pada proses perubahan relasi sosial (Transformasi sosial)
5. Riset sosial dengan prinsip:
- produksi pengetahuan oleh komunitas mengenai agenda kehidupan mereka sendiri,
- partisipasi dalam pengumpulan dan analisa data, dan
- kontrol mereka terhadap penggunaan hasil riset.
6. Dan masih banyak lagi definisi-definisi lainnya.
Pembekalan PAR ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, sebelum mahasiswa diterjunkan ke lapangan guna mengikuti program KKN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar