Rabu, 06 Mei 2009

PUSKOM STAIN Purwokerto Perbaki Penelitian Kuantitatif lewat Workshop SPSS

Penelitian merupakan salah satu tugas dan pengabdian Perguruan Tinggi terhadap masyarakat. Dengan penelitian, inovasi-inovasi baru akan muncul dan semakin luas kwalitas penelitian yang dilakukan oleh sebuah Perguruan Tinggi akan mencerminkan semakin majunya Perguruan Tinggi tersebut. Dalam sejarahnya, dari tahun ke tahun STAIN Purwokerto terus meningkatkan diri dalam bidang penelitian baik untuk dosen maupun mahasiswanya. Dosen dan mahasiswa tidak saja dituntut menguasai bidang penelitian kualitatif tapi juga bidang penelitian kuantitatif.
Untuk menunjang keahlian penelitian kuantitatif tersebut, PUSKOM STAIN Purwokerto telah secara rutin mengadakan Workshop Penelitian Statistik dengan menggunakan progam SPSS (Statistical Program For Social Sciences). Sebagai sebuah progam penunjang, SPSS tidak ada artinya tanpa didukung oleh penguasaan ilmu statistik yang matang. Oleh karena itu, sebelum seseorang belajar progam SPSS ia harus menguasai ilmu statistik terlebih dahulu. Membaca out put SPSS perlu penguasaan bidang statistik yang mendalam dan matang.

Dalam sejarahnya, PUSKOM telah melaksanakan lima kali Kegiatan Workshop SPSS, dimana versi yang digunakan adalah SPSS ver11 - ver15. Menurut Bapak Agus Sriyanto, M.Si (Kepala PUSKOM ) workshop ini sangat membantu mahasiswa dalam melakukan penelitian kuantitatif. Dengan jumlah sampel yang banyak dan ratusan bahkan ribuan, penghitungan tidak akan menjadi masalah. Fasilitator yang telah memberi materi dalam workshop ini antara lain Drs. Rohmad, M.Pd., Mutijah, M.Si., Maria Ulpah, M.Si, Fajar Hardoyono, M.Si.
Dari pengalaman-pengalaman para fasilitator, kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa antara lain kurangnya penguasaan terhadap statistik sehingga out put hasil uji SPSS sukar sekali untuk dibacanya. Karena itu, menanamkan penguasaan statistik terhadap mahasiswa sejak semester satu mutlak diperlukan. Untuk menunjang hal tersebut, PUSKOM telah berusaha dengan baik untuk meningkatkan penguasaan mahasiswa dibidang penelitian kuantitatif dengan pemanfaatan progam SPSS. Kedepannya, mahasiswa akan terus dibimbing dalam penguasaan progam ini agar dapat bersaing dengan Perguruan Tinggi yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar